Photoshop Newbie

Facebook
RSS

Membuat Wallpaper Sederhana

-
Sukren




Baiklah, kali ini kita belajar membuat Wallpaper Sederhana menggunakan Photoshop. Kali ini saya menggunakan Photoshop CS.
Oke kita mulai saja.

Buka dokumen baru. File > New, atur resolusinya 1280 x 800 pixel dan beri nama 'Wallpaper Sederhana' (Di bagian ini, anda bisa atur sesuai keinginan anda).


Selanjutnya pilih Edit > Fill atau ketik shift + F5 pada keyboard. Pilih Use > Black

Kalau sudah, sekarang kita buat layer baru (ctrl + shift + N pada keyboard dan klik OK). Sekarang gunakan Brush Tool (B) klik kanan untuk mengatur kuas, lihat gambar dibawah ini


Kalau sudah Kita bikin satu titik ditengah2 kanvas dengan brush yang tadi sudah kita atur, jika cara anda benar kira2 jadinya akan seperti ini:


Oke, sekarang masih di layer 1 kita buka jendela Style (Window > Styles centang). Pada menu style akan di tampilkan beberapa sampel style blending yang bisa anda pilih. Disini kita gunakan 'Blanket (texture)' lihat gambar berikut.


Jika sudah, maka jadinya Akan seperti ini:


Selnjutnya kita buat layer berikutnya yaitu 'layer 2' (ctrl + shift + N pada keyboard) > OK. Kembali kita gunakan Brush Tool (B) ganti warna tintanya menjadi warna hitam. Ketik tombol 'D' pada keyboard (fungsinya untuk mengembalikan ke palet warna default = foreground hitam, background putih)

Sama seperti pemakain Brush yang sebelumnya Klik di tengah2 kanvas, cuma kali ini perkecil sedikit ukuran besarnya brush, jika sudah, maka akan menjadi sperti ini:


Selanjutnya ,masih di layer 2, pilih Filter > Render > Clouds

 
Jika sudah, maka jadinya akan seperti ini:


Berikutnya kembali ke jendela layer. Dan masih di Layer 2 kita rubah blendingnya menjadi 'Overlay'


Maka jadinya akan seperti ini


Sekarang tinggal sentuhan terakhir, kita tambahkan beberapa teks, gunakan Text Tool (T), silahkan anda pilih sendiri jenis huruf, ukuran, dsb. sesuai dengan keinginan anda. (Window > Character untuk membuka jendela pengaturan karakter kuruf).



Sekarang, untuk memberikan efek pada text. Klik kanan pada layer text kemudian pilih Blending Options


Akan muncul jendela berikut:


Ikuti seperti gambar diatas atau silahkan berkreasi sendiri. Anda juga bisa menambahkan teks-teks lain sesuka anda. Silahkan melakukan kreasi sendiri :D
Oke, akhir dari tutorial kita, kira2 beginilah jadinya walpaper kita yang tadi kita buat :)


Selamat mencoba!

Mau menyimpan tutorial ini dalam bentuk file PDF. Silahkan Lihat link di bawah ini:


Leave a Reply