Photoshop Newbie

Facebook
RSS

Fitur Baru Photoshop CS5

-
Sukren



Hai sobat Newbie, lama sekali nggak posting. Oke baiklah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit apa sih fitur baru yang ada di Photoshop CS5? Apa yang membuatnya berbeda dengan versi sebelumnya? Banyak dari temen2 saya yang masih menggunakan Photoshop CS3 kebawah, dan mereka sering bertanya tentang perbedaan Photoshop dari versi ke versi. Oke, ini sedikit tentang Photoshop CS5, ya walaupun mungkin sedikit agak terlambat hehe :p karena seperti yang kita tau Photoshop CS5 sudah lama rilis hehe. Tapi sebelumnya saya mau bilang, disini saya menggunakan Photoshop CS5 yang versi portable, mungkin ada sedikit perbedaan tampilan dengan Photoshop CS5 yang Full. Tapi intinya sama kok.


Langsung aja kita buka Photoshop CS5, buat yang belum punya, silahkan di download dulu, banyak kok yang share di internet.


Dan inilah fitur baru dari photoshop. Silahkan pilih Spot Healing Brush Tool (J) di Tool Box. Liat dibaris menu dibawah menu bar ada menu centang Content Aware. Itulah fitur terbarunya hehe..


Nah, kita sudah tau khan ada menu Content Aware yang tidak akan kita temukan di Photoshop versi sebelumnya. Sekarang apa itu Content Aware dan apa fungsinya?

Content Aware ini berfungsi untuk menghilangkan objek2 yang tidak di inginkan di dalam foto atau gambar. Langsung aja kita praktekkan dengan gambar.


Lihat gambar diatas, ada sebuah objek dan watermark yang tidak saya inginkan, Karena keliatannya merusak pemandangan..hehe. Yang akan kita lakukan dengan Content Aware ini sangat simple, dan tidak membutuhkan waktu lama, hanya dalam hitungan detik saja, foto ini akan terlihat lebih baik (menurut saya) hehe..

Untuk mempermudah proses menseleksi, kita Zoom gambarnya, supanya objek2 tersebut terseleksi dengan sempurna. Untuk objek watermark diatas, kita bias gunakan Rectangular Marque Tool (M) karena bentuknya yang segiempat presisi, jadi mudah di seleksi. Lihat gambar dibawah ini :


Seleksi watermark tersebut, pastikan terseleksi secara utuh, kemudian klik kanan dan pilih Fill..


Pada Kotak dialog, pilih Use: Content-Aware. Dan silahkan menunggu sebentar, Photoshop akan melakukan analisis terhadap objek tersebut dan akan mengambil sampel acak dari pixel disekitarnya, untuk mengganti gambar tersebut. Proses analisis tergantung dari seberapa luas objek terseleksi dan juga seberapa besar ukuran dari foto yang kita edit. Oke setelah selesai maka hasilnya kira2 menjadi seperti ini:


Exelent! Hehe. Liat hasilnya, terlihat digantikan dengan sempurna bukan?! Nah sekarang kita beralih ke objek yang kedua. Untuk objek yang satu ini kita seleksi menggunakan Lasso Tool (L)


Dan langkah yang sama seperti saat kita menghilangkan watermark tadi, jika semua telah terseleksi, klik kanan dan pilih Fill.. pada kotak dialog pilih Use: Content-Aware. Tunggu  beberapa detik dan liat hasilnya!


WOW..!! amazing!
Nah, bagaimana bagaimana bagaimana? Sekarang sobat newbie udah pada tau khan keunggulan Photoshop CS5 ini. Oya, sekedar tips untuk sobat Newbie, saat kita akan menseleksi gambar yang luas, terkadang hasilnya tidak akan langsung sempurna dalm sekali operasi, kemungkinan masih ada sisa yang tidak bias hilang dengan sempurna. Contohnya pada gambar dibawah ini:


Setelah proses Content-Aware, objek tidak hilang secara sempurna dan masih meninggalkan Bekas. Yang akan kita lakukan adalah menseleksinya kembali bekas ang ditinggalkannya tersebut:


Nah, sudah terlihat lebih baik bukan..

Oya, dan satu lagi, untuk objek2 yang sangat kecil, seperti sampah daun atau carik kertas, kita bisa gunakan hanya Spot Healing Brush Tool (J) centang pada menu Content-Aware yang ada diatas (dibawah menu bar). Dan gunakan seperti anda menggunakan brush tool.

Sekian…













Leave a Reply