Photoshop Newbie

Facebook
RSS

Beauty Gradient

-
Sukren


Hai sobat Newbie, tiada hari tanpa posting. Hehe. Kali ini bagaimana kalau kita belajar menggunakan Gradient? Kita gabungkan foto dengan efek gradient, seperti contoh diatas ini lho. Mau? Ayok kita sama2 belajar. :D
Pertama-tama kita buka Photoshop tentunya, untuk hasil yang maksimal, usahakan menggunakan foto yang berkualitas tinggi, ya minimal dari kamera 2 MP lah,yang penting tajam dan pencahayaannya bagus. Hehe.
Oke, disini saya gunakan fotonya Giselle idol yang saya ambil dari Internet. Hayuk langsung aja..
Pertama, kita gandakan dulu layer background, klik kanan lalu pilih Duplicate Layer. Sekarang kita punya 2 layer.


Pilih layer yang paling atas, kemudian di menu bar, pilih menu Image > Adjustments > Desaturate atau ketik ctrl + shift + U pada keyboard anda. Langkah ini akan membuat layer paling atas menjadi tidak berwarna (menjadi foto hitam putih). Setelah itu duplikat atau gandakan lagi layer yang paling atas, yang kita Desaturate tadi, caranya sama seperti sebelumnya. Jadi sekarang kita punya 1 background dan 2 buah layer yang berwarna hitam putih.






Selanjutnya klik pada layer yang paling atas, ke menu bar, pilih menu Image > Adjustment > Levels atau tekan ctrl + L pada keyboard. Pada jendela Levels, tambah tingkat kecerahan layer dengan menggeser bar di bawah curve. Silahkan tentukan sendiri nilainya sesuai dengan selera anda.




Berikutnya, masih di layer yang paling atas tadi. Sekarang di menu bar, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur makan jendela Gaussian Blur akan muncul, silahkan anda tentukan senrdiri nilai/radius blurnya dengan menggeser bar ke kanan.


Selanjutnya (masih di layer teratas) rubah Mode Blendingnya menjadi Screen.

 
Nah, sekarang kita buat lagi layer baru (ctrl + shift + N). di Tool Box, pilih Gradient Tool (G) klik kanan dan pilih sampel warna ‘pelangi’ (spectrum)





Berikutnya kalau sampel sudah dipilih, tekan dan tahan mouse sambil ditarik dari atas ke bawah

 
Kemudian ubah Blending-nya menjadi Soft Light dan nilai Opacity-nya menjadi 50%


Dan selesai lah sudah pekerjaan kita, bagaimana Sobat Newbie? Gampang khan?! Hehe..
Baiklah, sampai disini dulu ya..


Selamat mencoba..

Mau menyimpan Tutorial ini dalam bentuk file PDF? Link Download ada dibawah ini.


Leave a Reply