Photoshop Newbie

Facebook
RSS

Membuat Foto Menjadi Kartun

-
Sukren




Hai sobat Newbie :D lama nggak posting, akhirnya posting juga, oke kali ini kita akan belajar membuat foto menjadi kartun. Gambar diatas adalah preview hasil jadinya nanti, gimana? Penasaran gimana caranya? Yuk simak..

Sebenarnya, banyak cara untuk membuat foto menjadi kartun, tapi saya suka satu cara, yaitu dengan cara ‘Tracing’. Cara ini memakan waktu lama, tapi hasilnya sangat memuaskan (menurut saya hehe).
Itu tadi basa-basa basinya. Sekarang ke initi masalahnya..hehe.


Pertama, kita buka foto di Photoshop. Kalau foto anda mempunyai resolusi yang kecil, silahkan di perbesar supaya ntar enak pas tracingnya. Hehe.

Caranya, pilih menu Image pada menu bar, kemudian pilih Image Size atau tekan ctrl + shift + I pada keyboard


Oke, kalau sudah sekarang kita buat layer baru, tekan ctrl + shift + N kemudian pada kolom layer name, beri nama ‘Outline’


Berikutnya kita berlih ke Tool Box, pilih Brush Tool (B). atur sizenya sekitar 5 px atau silahkan atur sesuka anda. Dan atur juga Hardnessnya menjadi 100%. Gunakan warna foreground hitam.


Sekarang pilih Pen Tool (P). posisikan pada layer ‘Outline’ ini yang saya namakan dengan Tracing tadi, kita menggunakan foto aslinya untuk membuat outline. Perhatikan gambar di bawah ini:



Untuk mendapatkan hasil yang presisi, lakukan secara hati2 dan bertahap.
Kemudian klik kanan untuk membuat garis. pilih Stroke Path




 Pada dialog Stroke path, pilih toolnya ‘Brush’ kemudian klik OK maka hasilnya menjadi seperti ini




 Lakukan tracing secara bertahap, agar hasilnya bagus, ini yang akan memakan waktu lama, untuk garis2 halus seperti kerutan wajah ataupun baju, anda tinggal kecilkan ukuran/size brush, baru kemudian melanjutkan tracing menggunakan Pen Tool tadi. Ingat posisi layer ada pada layer Outline



 Berikutnya kita buat layer baru.


 Pilih Edit > Fill isi dengan kolom Colors,pilih warna putih (White)


 Maka hasilnya akan menjadi seperti ini. Oke, selanjutnya.  Kita buat layer baru lagi di paling atas, ctrl + shift +N beri nama Skin base dan lalu ubah blendingnya menjadi ‘Multiply’ untuk mewarnai kulit (memasuki proses pewarnaan).




kemudian pilih Brush Tool (B). gunakan Hardness 100 % dan sizenya silakan anda sesuaikan sendiri. Pilih warna dengan warna kulit (terserah anda) biasanya warna orange muda atau coklat muda.



 Selanjutnya, kita mulai mewarnai bagian wajah atau semua bagian kulit yang terlihat. Jika ada pewarnaah yg berlebih, seperti keluar garis batas dan pada bagian putih mata serta bibir, nanti bisa dirapikan dengan cara dihapus menggunakan Eraser Tool (E).







 Maka, setelah kita selesai merapikan, hasilnya kira2 akan menjadi seperti ini:


 Selanjutnya kita buat layer baru lagi, namakan dengan Hair base (untuk mewarnai rambut), ubah lagi blendingnya menjadi Multiply dan pilih warna sesuai selera anda. Lakukan seperti semua langkah diatas. Caranya sama seperti kita mewarnai bagian wajah tadi. :D


 Lakukan semua seperti langkah diatas, warnai baju beserta asesorisnya. Masing2 buatkan layer sendiri2, supaya pada saat poses pewarnaan dan merapikan, tidak terjadi bentrok. Namakan masing2 layer dengan akhiran Base (Dasar) :D contohnya, Baju base, Dasi base, dst..

Saya harap sobat Newbie pada mengerti dengan penjelasan saya yang rumit ini. Hehe..



 Oke, kalo sudah mewarnai semua bagian tubuh beserta asesorisnya, maka jadinya kira2 akan seperti ini:

 Lihat jumlah layer yg udah kita buat, ada Puluhan..hehe,

Oke, lanjut ke tahap berikutnya. Di tahapan ini kita akan membuat efek pencahayaan, kita akan menentukan bagian sisi gelap atau terang dari masing2 layer. Tujuannya supaya gambar kita terlihat lebih hidup.

Kita mulai dari pencahayaan di bagian Kulit. Klik pada layer Skin Base kemudian buat layer baru, layer yang baru kita tambah tadi otomatis akan berada pas diatas layer Skin Base, dan kita namakan layer yg baru kita buat itu dengan nama ‘Skin Shadow’ ubah blendingnya menjadi Multiply (Semua layer pewarnaan, gunakan blending Multiply). Kemudian pilih Color Picker (I) dan Klik pada warna kulit tadi. Color Picker berfungsi mengambil sampel warna dari warna2 yang sudah kita pakai sebelumnya.  Kemudian atur ulang warna foregroundnya dan pilih warna kulit yang lebih gelap, misalnya di Skin base tadi kita memakai warna coklat muda, maka pad Skin shadow kita pilih warna coklat tua.



 Berikutnya, pilih brush Tool pilih yang Hardnessnya 0%. Mulai memoles dibagian wajah yg akan anda buat menjadi lebih gelap.



 Berikutnya kalau sudah dirasa cukup, klik kanan pada Skin Shadow kemudian pilih Create Cliping Mask. Dengan begitu layer Shadow tersebut akan menyatu dengan layer Base, namun masih tetap berdiri sendiri.


 Hasilnya seperti ini:


 Kecilkan Opacity pada layer shadow, agar tidak terlihat terlalu gelap. Silahkan atur sesuka anda.


 Lakukan semua langkah pembuatan shadow diatas, semua langkah2nya sama. Tapi perlu diingat untuk membuat layer shadow, klik dulu dibagian layer base yg akan kita buat shadownya baru kita membuat layer baru (ctrl + shift + N). dan namakan semua layer shadow dengan akhiran Shadow (supaya anda tidak bingung pada saat mau menyesuaikan ulang) contohnya, Skin Shadow, Baju Shadow, Dasi Shadow, dst.. dan pastikan semua layer shadow berada diatas layer Base, cara ini nantinya agar pada saat menggunakan Create Clipping Mask dapat bekerja dengan baik.

Dan akhirnya kalau anda sudah selesai membuat Shadow ata sisi gelap dari warna2 tadi, maka selesai sudah pekejaan anda, anda bisa menambahkan background warna datar, atau warna geradasi. Silahkan berkreatifitas sendiri :D


Hasil Jadi

Mau menyimpan Tutorial ini dalam bentuk file PDF? Link download ada dibawah ini:






21 Responses so far.

  1. widih tutor nya hebat
    mas sya minta izin agar postingan agan saya posting jg di blog ana
    saya akan cantumkan sumber nya kok
    klu di izinin atw tdk comment di blog saya ok
    makasih
    http://kontrolmekanikjurusanku.blogspot.com/

  2. siippppppp..... tulisan yg bagus mas broooo.... terima kasih...


    mampir k blog saya akunpremiumupdate.blogspot.com

  3. Anonim says:

    waaaahhhhh....
    lama mbuanget bosss bikinnya...
    harus ekstra teliti, tapi mantabs dah.....
    ane like this...

  4. thx sob..... lanjutkan..... :D

  5. Unknown says:

    Terima kasih gan saya izin sedot

  6. Unknown says:

    makasiii gann
    cew aku sampe klepek2 liat hasil karya ku :D

  7. Unknown says:

    bagus banget artikelnnya sob

  8. Unknown says:

    bagus mas infonya :) ijin download

  9. Sepertinya butuh waktu yang cukup lama, tapi tidak apa, hasilnya benar-benar wow....

  10. mantap mantap om, ikutan yah.. di photoshopku.net

  11. Unknown says:

    keren gan,,tp susah bgt bikinnya :(

  12. Unknown says:

    bermanfaat banget gan makasih banget yah :D

  13. .mantab om,, klo cara bikin poto kaya lukisan pensil ada ga om. ?
    :)

  14. Anonim says:

    bagus om mudah di mengerti tutorialnya...

    nge sharenya gmana?

  15. Unknown says:

    mantap.... minta unduh ya

  16. Unknown says:

    Mantap...................

  17. minta izin kopi gannn
    makasih .....

  18. kereeen,
    ijin sedot gan . . .

  19. Ary s says:

    Mantap ini..kren..

  20. Ary s says:

    Mantap ini..kren..

Leave a Reply